Jumat, 08 Januari 2010

Sumber Air Untuk Sistem Penyediaan Air Bersih

Sumber Air bersih merupakan salah satu komponen sistem penyediaan air bersih yang paling utama. Kenapa paling utama ? Karena kalau sumber air tidak ada maka tidak akan bisa dibuat sistem penyediaan air bersihnya. Apa lagi saat ini quantitas dan kualitas sumber air semakin berkurang. Sedangkan komponen sistem penyediaan air bersih lainnya mudah untuk didapatkan.

Dengan semakin banyaknya jumlah penduduk maka kebutuhan air akan meningkat sedangkan sumber air tetap jumlahnya sesuai dengan siklus hidrologi. Menurut Siklus Hidrologi jumlah air yang ada selalu tetap, terjadinya kekurangan air karena sumber air yang ada makin tercemar dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh manusia.

Pengalaman dalam merencanakan sistem penyediaan air bersih, saat ini paling sulit adalah untuk mendapatkan sumber air yang akan dijadikan sebagai sumber air baku. Karena selain tercemar, kuantitas sumber air juga berkurang. Gundulnya hutan dan kawasan penangkap air sangat mempengaruhi sumber air baku. Bila kawasan penangkap air itu tak dilindungi, maka sumber air pun mengalami gangguan.

Dulu manusia memenuhi kebutuhan air bisa hanya dengan mengambil dari sumber air disekitarnya dengan menggunakan alat yang sederhana. Saat ini terutama di kota yang tidak mempunyai sumber air, harus membuat sistem penyediaan air bersih yang terdiri dari komponen sistem penyediaan air bersih yang diperlukan dengan biaya yang mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar