Kamis, 31 Desember 2009

Sistem Penyediaan Air Bersih

Untuk merencanakan sistem penyediaan air bersih, harus diketahui apa saja komponen sistem penyediaan air bersih ? Karena daerah pelayanan air bersih berbeda untuk tiap lokasi, maka komponen sistem penyediaan air bersih belum tentu sama.

Secara umum sistem penyediaan air bersih ada tiga macam yang perlu di perhatikan yaitu, Sistem gravitasi, Sistem dengan perpompaan dan Sistem gabungan antara gravitasi dan perpompaan.

1. Sistem penyediaan Air Bersih dengan cara gravitasi
Sistem dengan cara gravitasi bisa terjadi apabila lokasi dari sumber Air lebih tinggi dari lokasi daerah pelayanan. Pada sistem gravitasi air dialirkan secara gravitasi sehingga biaya operasional bisa lebih murah karena tidak perlu menggunakan pompa. Sebagai contoh kota Fak Fak di Papua.

2. Sistem Penyediaan Air Bersih dengan cara perpompaan
Sistem dengan cara perpompaan bisa terjadi apabila lokasi dari sumber air mempunyai ketinggian yang sama atau lebih rendah dari lokasi daerah pelayanan. Pada sistem perpompaan air dialirkan dengan menggunakan pompa sehingga biaya operasional menjadi lebih tinggi karena memerlukan biaya untuk bahan bakar atau listrik. Sebagai contoh, kota Jakarta yang sumber airnya relatif hampir sama dengan daerah pelayanan.

3. Sistem Penyediaan Air Bersih gabungan antara Sistem Gravitasi dan Sistem Perpompaan.
Sistem Gabungan bisa terjadi apabila terdapat beberapa sumber air dan daerah pelayanan cukup luas, misalnya kota Bogor.

Dalam Master Plan hal ini yang dikaji sehingga bisa ditentukan sistem yang akan dipakai dan komponen air bersih apa saja yang diperlukan dalam suatu daerah yang akan dibangun sarana air bersihnya.


Skematik Sistem
Penyediaan Air Bersih

1 komentar:

  1. Dalam sistem ini pipa distribusi dalam gedung langsung dengan pipa utama penyediaan air bersih (misalnya : pipa utama dibawah jalan dari perusahaan air minum). Karena terbatasnya tekanan dalam pipa utama dan dibatasinya ukuran pipa, cabang dari pipa utama tersebut, maka sistem ini terutama dapat diterapkan untuk perumahan dan gedung-gedung kecil dan rendah. Ukuran pipa cabang biasnya diatur/ditetapkan oleh perusahaan air minum. Tangki pemanas air biasanya tidak disambung langsung kepada pipa distribusi, dan dibeberapa daerah tidak diizinkan memasang katup gelontor (flush valve). Jasa Penulis Artikel SEO pabrik penerima limbah plastik

    BalasHapus